Google+ Followers

Wednesday, January 7, 2015

Review Ensiklopedi Miracles Of Qur’an Terbitan Pustaka Lebah

Ensiklopedi Miracles Of Qur'an - Pustaka Lebah

Menanamkan Budaya Cinta Buku

Buku itu tidak seperti permen, yang sekali saja diperkenalkan pada anak-anak, bisa langsung membuatnya ‘ketagihan’ karena rasa manisnya yang cocok di lidah anak-anak. Mengenalkan buku—bahkan membuat anak ketagihan membuka-membaca-menghayatinya, bukan urusan gampang. Namun tidak juga sulit. Berikut beberapa tips agar anak-anak menyukai buku:

- Teladan Orangtua
Kenalkan mereka pada buku sedini mungkin (bisa dengan dibacakan cerita sejak bayi—bahkan sejak di dalam kandungan, perlihatkan bahwa orangtua pun gemar membaca buku)

- Sediakan Buku Bagus
Fasilitasi dengan buku bergambar soft dan kaya warna. Ini berfungsi untuk menarik minatnya. Konten/isi buku pun harus mengandung nilai-nilai positif, agar anak bisa mempraktekkan isinya.

- Buat Jadwal Membaca
Jika anak lebih suka bermain gadget atau menonton TV, maka buatlah jadwal antara semua kegiatan itu. Lebihkan porsi membaca buku dibandingkan dengan menonton TV atau bermain gadget.

Cinta buku sejak dini memiliki banyak manfaat mulai dari merangsang imajinasi dan kreativitas hingga meningkatkan bonding antara orangtua dan anak. Mengenai hal itu sudah pernah saya ulas di sini


Kriteria Buku Yang Bagus Untuk Anak

Kali ini saya hendak membahas poin kedua, yaitu mengenai ‘Buku yang bagus’. Seperti saya ungkapkan di awal, buku yang bagus untuk anak setidaknya memiliki dua syarat, yaitu gambar yang soft (tidak menampakkan gambar kekerasan yang tak sesuai usia anak, pelecehan dan semacamnya) dan kaya warna serta isi yang mengandung nilai-nilai positif.


Miracles Of Quran, Alternatif Ensiklopedi Untuk Anak Muslim

Khususnya untuk anak-anak muslim, berikut ada satu seri ensiklopedi yang memenuhi kriteria di atas, yaitu Ensiklopedi “Miracles Of Quran” terbitan Pustaka Lebah. Sesuai dengan judulnya, ensiklopedi ini memuat berbagai penemuan mutakhir dalam dunia ilmu pengetahuan yang ternyata sudah sejak lama dijelaskan dalam Al Qur’an. 

Apa saja isinya?
Bagaimana cara ensiklopedi ini mengupas beragam fakta menarik dalam Al Qur’an? 
Mari disimak review dari ke-12 jilid yang ada dalam ‘My First Islamic Encyclopebee’ seri “Miracles Of Quran” berikut ini:

1. ASTRONOMY
Para ilmuwan menemukan bintang Gemma yang berjarak sekitar 3.100 trilyun mil dari bumi dapat bergetar seperti instrument musik. Getaran tersebut disebabkan oleh suatu pross yang mirip gempa bintang atau starquake (Bintang bersuara, Miracles Of Qur’an jilid Astronomy hal 35)
Tahukah Anda mengenai fakta tersebut? Kalau saya sih jujur saja, sebelum membacanya di ensiklopedi milik anak saya, tidak tahu mengenai hal itu. Banyak hal mengenai ilmu pengetahuan modern yang tidak kita ketahui di dunia ini. Satu-satunya cara untuk bisa menambah pengetahuan adalah dengan banyak membaca. Tentu bahan bacaannya pun harus yang berkualitas dan terpercaya.
Fakta tentang bintang Gemma tadi saya baca melalui ensiklopedi seri Miracles Of Qur’an jilid Astronomy terbitan Pustaka Lebah. Tak hanya bercerita tentang bintang, di buku bercover suasana langit mala mini juga dijelaskan mengenai Matahari, Atmosfer, Bulan sampai Arah Mata Angin. 
Melalui bab pembuka bertitel ‘Kita di Tengah-Tengah Alam Semesta’, pembaca diajak untuk menikmati serta mensyukuri karunia Allah SWT berupa hamparan alam semesta dan segala isinya yang—sesuai firman-Nya dalam QS. Huud ayat 7, diciptakan dalam enam masa.
Sesuai dengan tagline-nya, yaitu The Amazing Scientific Facts Based on Quran & Hadist, ragam fakta yang tersaji seputar alam semesta dalam buku ini juga dilengkapi dengan ayat-ayat dalam Al Qur’an yang jauh hari sebelum ditemukannya ilmu pengetahuan modern, sudah terlebih dahulu memberitahukannya.

2. GEOLOGY
Ilmuwan Jerman, Alfred Wegener pada 1915 menulis teori mengenai gunung yang bergerak. Hal ini menurut Wegener disebabkan oleh gerakan kerak bumi tempat gunung tersebut berada. Sayangnya kala itu teorinya ditentang oleh banyak orang. Hingga akhirnya pada 1980, teori Wegener terbukti benar. 
Sebelum Wegener mengungkapkan teorinya, sebetulnya hal ini sudah tertulis dalam Al Qur’an surat An Naml ayat 88, “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal dia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tia-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Ini adalah salah satu fakta di alam yang sudah ada dalam Al Qur’an jauh sebelum ilmu pengetahuan modern mengungkapkannya. Tak hanya gunung, dalam jilid Geology ini juga diungkap mengenai Simpanan Air di Bawah Tanah, Salju dan Es di Muka Bumi, Lempengan Bumi serta beberapa peristiwa alam lainnya, termasuk fenomena ‘Bumi yang bisa bicara’ dan batu yang mengucapkan salam pada Rasulullah.

3. MIRACLES OF SALAT
Bagi sebagian orang muslim, mungkin shalat ‘hanya’ menjadi sebuah rutinitas yang dilakukan sebagai kewajiban. Tapi tahukah Anda, bahwa ada banyak keajaiban yang terdapat dalam shalat—dan sudah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan modern, khususnya bagi tubuh manusia?
Seorang neurolog bernama Dr. Fidelma O’Leary, ahli saraf dari Saint Edwards University Texas menemukan fakta bahwa di dalam otak terdapat urat saraf yang sangat halus dan mendapat aliran darah hanya saat posisi seseorang sedang bersujud. Uniknya, saraf tersebut memerlukan darah dalam waktu yang sesuai dengan lamanya sujud ketika shalat. Fakta ini membuat O’Leary akhirnya memutuskan untuk memeluk agama Islam.
Hanya itukah keajaiban shalat? Tentu tidak. Masih ada keajaiban lainnya mulai dari menguatkan lutut dan kaki, menyehatkan organ tubuh serta tulang belakang dan lainnya. Di dalam jilid ‘Miracle of Salat’ ini juga dibahas mengenai manfaat wudu dan keutamaan shalat lainnya.

4. ECONOMICS
Agama Islam sangat seimbang dalam berbagai aspek hidup dan menetapkannya dalam aturan yang sesuai kebutuhan. Di antara masalah besar yang dijelaskan Islam dan menjadi tema pembicaraan dunia adalah ekonomi. Al Qur’an telah menjelaskan prinsip ekonomi dalam dua prinsip besar. Pertama, kecerdasan dalam mencari harta. Kedua, kecerdasan dalam membelanjalakan harta pada tempatnya. Begitu luar biasanya kegiatan ekonomi, Rasul menyebutkan bahwa bekerja pun bisa menghapus dosa seseorang yang tidak dapat dihapus dengan puasa dan shalat.
Riba, mengurangi timbangan dan menjual barang-barang haram merupakan beberapa kegiatan yang dilarang dalam perekonomian Islam. Al Qur’an dan Hadis secara tegas membahas masalah kegiatan ekonomi tersebut. 
Lalu apa lagi yang perlu diketahui dalam masalah perekonomian Islam? Tentang Zakatkah? Atau Keutamaan  laki-laki yang bekerja untuk keluarganya? Atau peran negara dalam menguasai sumber penghidupan utama? Lebih banyak tentang perekonomian yang dilarang maupun dianjurkan oleh Islam dibahas pula dalam jilid Economics ini.

5. SOCIAL POLITICS
Islam tidak pernah membedakan derajat manusia atas manusia lainnya. Islam memuliakan semua manusia dari latar belakang yang berbeda baik dari tingkat ekonomi, warna kulit, suku bangsa dan lainnya. Semua memiliki derajat yang sama dalam pandangan Allah Swt. Yang membedakan hanyalah tingkat ketakwaannya. Demikianlah inti dari ajaran sosial dan politik yang diajarkan dalam jilid ‘Social Politics’ ensiklopedi Miracles Of Qur’an ini. Ada 18 topik utama yang dibahas di sini melingkupi aspek pemerintahan, warisan, hukum, hak dan kewajiban manusia, keamanan, pendidikan dan lainnya yang merupakan pedoman cara hidup bermasyarakat.
Salah satu poin yang baik untuk diteladani dari isi buku ini adalah saat Abu Bakar—sang khalifah pertama berkata, “Hai kaum Muslimin, saya telah diangkat sebagai pemimpin kalian. Tetapi itu tidak berarti bahwa saya adalah yang terbaik di antara kalian. Jika saya benar, bantu dan dukunglah saya, dan jika saya salah maka betulkan dan peringatkan.”
Sungguh suatu kalimat baik yang mengajarkan kita untuk saling mengingatkan satu sama lain dalam kebenaran.

6. MATHEMATICS
Matematika dianggap sebagai ilmu yang tidak mudah untuk dipelajari, padahal kita tidak pernah bisa lepas dari ilmu yang satu ini. Bahkan dengan Matematika, kita belajar berpikir dengan baik, logika terstruktur dan menggunakan daya nalar. Matematika tidak hanya ada di kehidupan sehari-hari, tapi juga ada dalam Al Qur’an. 
Bagaimana cara Al Qur'an mengajarkan matematika?
Penjumlahan
"Maka bagi siapa yang ingin mengerjakan umrah sebelum haji (di dalam bulan haji), (wajiblah ia menyembelih) korban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan (binatang korban atau tidak mampu), maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari (lagi) apabila kamu telah pulang kembali. Itulah sepuluh (hari) yang sempurna. " (QS AL Baqarah:196)
Perhatikan, jika dibuat ilustrasinya maka penjumlahan yang dimaksud yaitu 3+7=10.
Tidak hanya itu, mengenai pengurangan, bilangan prima dan permainan angka lainnya juga banyak yang ternyata sudah disebutkan dalam Al Qur'an baik secara langsung maupun perhitungan jumlah surat/ayat. 


7. LITERATURE (SASTRA)
Meskipun bukanlah kitab sastra, namun keindahan berbahasa sangat diperhatikan dalam Al Qur’an. Keindahan berbahasa dalam Al Qur’an mencakup kesederhanaan penjelasan, kesesuaian hubungan antar kalimat, ketepatan pilihan kata dan keindahan penggambaran atau perumpamaan sesuatu. Jadi tidaklah mengherankan jika sastra dunia khususnya sastra Arab sangat dipengaruhi oleh Al Qur’an.
Keindahan berbahasa mampu melembutkan hati. Bahkan seorang Ummar Bin Khattab yang awalnya sangat menentang ajaran Islam saja, bisa berubah sikap setelah mendengarkan adiknya membaca Al Qur’an. Ini membuktikan sebuah hadist yang dicantumkan di dalam bab pertama jilid ‘Literature’ ini yaitu, “Sesungguhnya uraian (yang bagus) itu bisa menyihir.” H.R. Bukhari.
Selanjutnya dibahas pula mengenai manfaat penggunaan kalimat dengan ‘special effects’ dalam Al Qur’an dan fusngsinya masing-masing, seperti Penggunaan Kata Berlebihan, Sesuatu Yang Diserupakan dan lainnya. Dimana penggunaannya bisa memberikan manfaat yang luar biasa jika diterapkan dalam konteks yang pas.

8. HEALTH
Berdasarkan penelitian, minyak zaitun mengandung asam linoleat yang sangat baik untuk pelembab kulit serta vitamin E yang membantu memperbaiki dan menguatkan jaringan kolagen pada kulit. Tak hanya minyaknya, senyawa oleuropein yang terkandung dalam daun zaitun pun disebut-sebut bisa membasmi bakteri,virus dan jamur juga menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler dan kanker.
Sebelum para ahli menemukan manfaat zaitun yang luar biasa, Allah Swt sudah menyebutnya—bahkan bersumpah dengan menyebut buah zaitun dalam Qur’an surat At-Tin ayat 1. Dalam hadist riwayat Tirmidzi, Rasulullah Saw pun menganjurkan umatnya untuk memakan minyak zaitun dan menggunakannya (selain dimakan) karena zaitun termasuk pohon yang diberkahi, dimana keunggulannya lebih banyak dibanding minyak lainnya.
Selain zaitun, beberapa sumber makanan yang bermanfaat bagi kesehatan lainnya pun dibahas di sini, seperti anggur, bawang, jahe, mentimun dan lainnya. Adab makan yang baik untuk kesehatan juga dikupas lengkap dalam jilid ‘Health’ ini. 
Untuk sehat tak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan yang halal lagi baik, tapi juga perlu berolahraga. Ada beberapa olahraga yang dibahas dalam Al Qur’an karena manfaatnya yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Mengenai hal ini juga dibahas lengkap lho.

9. THEOLOGY (AQIDAH AKHLAK)
Ajaran Islam selalu menumbuhkan sifat-sifat positif yang membangun kepribadian pemeluknya. Salah satunya berupaya membangun sikap optimis. Optimis merupakan sikap yang selalu mempunyai harapan baik dalam segala hal serta mengharapkan hasil yang menyenangkan.
Di dalam jilid Theology (Aqidah Akhlak) dibahas beragam sikap yang ada dalam ajaran Islam yang wajib kita laksanakan. Apa saja amalannya? Sulitkah? Ah tidak juga. Ada banyak hal-hal kecil yang bisa kita amalkan sesuai dengan ajaran Islam, diantaranya adalah menjaga rasa malu.
Meski terkesan ‘sepele’, namun hal-hal tersebut diatur secara khusus dalam Al Qur’an dan Hadis. Karena justru hal-hal kecil ini merupakan pondasi yang akan berkembang dalam kepribadian seseorang di kehidupannya. Misalnya saja jika seseorang merasa malu berbuat buruk karena yakin bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar, maka tentu ia akan selalu menjaga dirinya dari beragam perbuatan buruk. 
Apa lagi amalan lain yang mudah untuk dipraktekkan tapi manfaatnya sangat besar? Jawabannya dapat ditemukan dalam jilid Theology (Aqidah Akhlak) ini.

10. BIOLOGY
Allah SWT telah memberikan banyak kemudahan bagi manusia. Contohnya adalah penciptaan hewan dan tumbuhan yang beraneka ragam. Hewan diciptakan untuk diambil susu, telur, kulit atau dagingnya serta dijadikan kendaraan atau angkutan. Sementara tumbuhan merupakan satu-satunya makhluk hidup yang mampu menghasilkan bahan makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari. Ini merupakan inti dari ilmu Biologi.
Dalam Al Qur’an, bidang ilmu ini dibahas melalui aneka ragam tumbuhan dan hewan yang memiliki manfaat besar bagi manusia. Beberapa yang dituangkan dalam jilid ‘Biology’ ini adalah mengenai Lebah dengan berbagai manfaatnya (sehingga dibahas dalam satu surat dalam Al Qur’an yaitu An Nahl, yang artinya Lebah), Burung sang penjelajah angkasa, yang struktur tubuhnya menjadi inspirasi pembuatan pesawat terbang, helicopter dan benda lainnya yang dapat terbang, Semut yang ternyata memiliki kekuatan luar biasa, berbagai keistimewaan kuda dan beberapa hewan lainnya. 
Mengenai tumbuhan, dalam jilid ‘Biology’ ini juga dibahas mengenai keistimewaan buah tin, delima, kurma, jahe, bawang dan lainnya. Tentu saja semua yang diungkap ini selain ada dalam Al Qur’an (lengkap dengan ayat penunjang) juga sudah dibuktikan melalui penelitian berdasarkan ilmu pengetahuan modern.

11. HISTORY
Sesungguhnya apa yang ada di dalam Al Qur’an bukanlah sekedar cerita melainkan petunjuk Allah SWT bagi orang-orang yang beriman. Petunjuk tersebut dapat berupa sejarah dari berbagai peristiwa. Dengan mempelajari sejarah, banyak pelajaran yang didapat dengan mengetahui masa lalu. Itulah alasan mengapa kita diperintahkan untuk mempelajari sejarah.
Dalam jilid ‘History’ ada beberapa kisah sejarah mengenal Nabi dan Rasul, umat terdahulu, orang-orang saleh maupun kisah peradaban masa lampau yang dijelaskan dengan kalimat sederhana hingga mudah dicerna oleh anak-anak. Salah satunya adalah kisah mengenai Firaun. Di sini dijelaskan mulai dari ketidaktaatan Firaun, isterinya yang tidak memercayainya sebagai Tuhan sampai rahasia bangunan piramida (yang ternyata sudah disebutkan dalam Al Qur’an sebelumnya) dan pengawetan mumi Firaun.
Tak hanya itu, masih banyak kisah sejarah lainnya yang penting untuk diketahui seperti Pembuktian Terjadinya Isra dan Mi’raj, Asal Mula Perintah Shalat, hingga sejarah Gua Ashabul Kahfi di Yordania.

12. PHYSICS AND CHEMISTRY
Petir merupakan kejadian alam yang beriringan dengan peristiwa alam lainnya, yaitu hujan. Petir terjadi akibat adanya pergesekan antara awan-awan yang berbeda jumlah muatan. Tiupan angin membawa kumpulan awan yang berbeda muatannya sehingga saling berdekatan. Jika awan yang berbeda jumlah muatannya berdekatan dan bergesekan, akan terjadi loncatan electron yang menimbulkan kilatan cahaya yang disebut petir. 
Fenomena petir seperti yang digambarkan di atas, sudah disebut oleh Allah dalam QS An Nuur ayat 43. Selain itu masih banyak gejala lainnya di alam yang menunjukkan kebesaran Allah Swt, misalnya seperti pembahasan bagian-bagian Matahari yang berfungsi sebagai sumber energi kehidupan, Gravitasi Bumi, Gerakan Pegas dan lainnya. Fenomena-fenomena tersebut dibahas dalam jilid ‘Physics and Chemistry’ ini secara proporsional dan pas untuk anak-anak.

Semua kisah yang ada dalam ke-12 jilid ensiklopedi seri Miracles Of Quran ini diceritakan secara mengalir dalam kalimat-kalimat sederhana yang dapat dimengerti oleh anak di usia TK dan SD (untuk yang belum bisa baca, tentu saja dibantu oleh orang dewasa). Dengan didukung oleh ilustrasi yang menarik dan santun, ensiklopedi seri Miracles Of Qur’an terbitan pustaka lebah ini cocok sekali menjadi salah satu referensi pembelajaran anak-anak khususnya di 12 bidang ilmu seperti yang sudah dibahas di atas,

Oya sebagai catatan, buku ini tidak dijual di toko buku, lho. Tapi dengan system direct selling melalui Reseller. Jadi jika Anda berminat memilikinya untuk buah hati tercinta atau ingin membelinya sebagai kado, silakan hubungi saya Pritha Khalida melalui FB Pritha Khalida, Twitter @PrithaKhalida, Email pritha07@yahoo.com atau pritha.khalida@gmail.com

Terimakasih atas kunjungannya ke blog ini. Semoga uraian mengenai review ensiklopedi Miracles Of Quran ini bermanfaat bagi Anda, sebagaimana bukunya memberikan manfaat yang luar biasa untuk saya dan anak-anak  :)

No comments: