Google+ Followers

Sunday, January 11, 2015

Review My First Cartoonal EncyclopeBee Terbitan Pustaka Lebah

12 Jilid My First Cartoonal EncyclopeBee Pustaka Lebah

Agar Anak Suka Membaca Ensiklopedi

Membaca Ensiklopedi tak selalu menjadi hal menarik untuk setiap anak. Bisa jadi ini disebabkan karena Ensiklopedi yang ada, memiliki wujud yang kurang menarik karena terlalu banyak narasi tanpa ada gambar. Atau bergambar tapi tak berwarna. Padahal tentu kita semua tahu kalau dunia anak-anak masih dipenuhi oleh imajinasi yang menarik penuh warna dan gambar. Jadi, meski sarat akan pengetahuan, jika komposisi gambar dan warnanya tak memadai, tak semua anak akan bisa menikmati ensiklopedi tersebut. 

Jadi, semua orangtua pasti setuju bahwa sungguh menyenangkan jika ada Ensiklopedi yang bisa menjelaskan berbagai ilmu pengetahuan dengan bahasa yang sederhana, ilustrasi yang lucu dan warna-warni menarik. 


My First Cartoonal EncyclopeBee

Memperkenalkan ‘My First Cartoonal Encyclopebee’ terbitan Pustaka Lebah. Terdiri dari 12 jilid hardcover, serial ensiklopedi yang satu ini cukup menarik untuk menjadi pelengkap koleksi perpustakaan keluarga Anda.

1. AMAZING EXPERIMENTS (Water)
Air menutupi sebagian besar permukaan bumi. Benda cair yang selalu berubah mengikuti tempatnya berada ini, sangat penting bagi kehidupan. Banyak hal yang bisa dipelajari mengenai air mulai dari sifatnya, kekuatan tersembunyi dalam air dan kemampuannya berubah bentuk menjadi topic yang menarik untuk diteliti melalui percobaan seru.
Beberapa percobaan berkaitan dengan air, dengan peralatan dan bahan yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari, dicontohkan dalam jilid ‘Amazing Experiments—Water’ ini. Misalnya saja Pencampuran Berbagai Benda Cair yang memiliki massa jenis berbeda, Aliran Air yang dapat melawan Gaya Gravitasi , Cara Membuat Air Mancur Sederhana sampai Penyulingan Air Garam dicontohkan di sini.
Tak hanya percobaan, beberapa fakta menarik tentang air pun bisa ditemui di sini, misalnya bahwa tak semua air membeku atau air yang bisa ‘mengalir’ ke tempat yang lebih tinggi. Menarik bukan?

2. AMAZING EXPERIMENTS (Magnetic Soccer)
Eksperimen begitu menyenangkan karena kita bisa mengamati sekaligus menguji-coba sendiri ilmu pengetahuan. Jilid ‘Amazing Experiments—Magnetic Soccer’ ini mengajak kita melakukan percobaan Pesawat Ulir Gravitasi, Peternakan Semut, Magnetic Soccer (Sepak Bola Magnet), Pembangkit Listrik Jeruk Limau, Labirin Kentang dan Mobil Mesin Karet. Asyiknya, semua percobaan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat!
Untuk Pesawat Ulir Gravitasi misalnya, hanya membutuhkan Sapu Ijuk, Tongkat Kayu, Spidol, Lem, Kawat, Gabus, Karton, Selotip, Gunting dan cat Air. Barang-barang tersebut bisa kembali digunakan untuk pembuatan Sepak Bola Magnet (Magnetic Soccer) setelah ditambahkan dengan paku payung.
Mudah, murah tapi sangat menyenangkan. Membuat kita belajar menjadi ilmuwan sungguhan!

3. WORLD HISTORY (Empires)
Di masa ‘Age of Empires’ sejarah mencatat kerajaan-kerajaan di seluruh penjuru dunia terus berkembang. Beberapa diantaranya bahkan menjadi yang terbesar, seakan tak henti dalam upaya mereka memperluas wilayah kekuasaan. Di zaman ini pertama kalinya wilayah kekuasaan satu kerajaan membentang di tiga benua: Eropa, Afrika dan Asia.
Diawali dengan penaklukkan wilayah sekitar seperti Makedonia, Romawi, Mesir, India hingga China berkembang menjadi raksasa penguasa dunia. Kebesaran-kebesaran itulah yang terekam dan menjadi jawaban mengapa mereka tak lekang dimakan zaman.
Sejarah seringkali tampak sangat serius. Namun dalam jilid ‘World History—Empires’ ini dikisahkan beberapa fakta menarik, diantaranya adalah Nabonidus (Raja terakhir Kerajaan Babilonia) yang bersembunyi saat bencana melanda kerajaannya. Saat ia kembali, bangsa Persia telah mengambil alih kerajaannya.
Atau tahukah Anda bahwa satu dari 10 game terbaik sepanjang masa: Romance of Three Kingdom, memberi kesempatan pada para pemainnya mengadu strategi menghadapi perlawanan Cao Cao, Liu Bei atau Suma Qian, tiga orang Panglima Perang yang paling berpengaruh di China pada masa sekitar 220 Masehi.

4. WORLD HISTORY (Prehistoric Life)
Berbagai penemuan arkeologis membantu para ahli ‘Menyingkap Selubung Misteri Pra-Sejarah’. ‘Si Kadal Menakutkan Penguasa Dunia’ memperlihatkan terbentuknya kehidupan mulai dari organism bersel tunggal hingga menjadi kadal raksasa Dinosaurus. Para Hominid mulai mengembara, termasuk ‘Si Tubuh Tegak Penemu Api’.’ Pada Zaman Es yang Keras’, ‘Manusia Gua dari Lembah Neander’ berusaha bertahan hidup. Manusia modern tertua muncul ketika ‘Si Dahi Lebar Menjelajah Dunia’. Kehidupan nomaden pun ditinggalkan dan manusia mulai bercocok tanam, menandakan ‘Akhir Pengembaraan Manusia’.
Keenam topik di atas merupakan subjudul yang ada dalam jilid ensiklopedi ‘World History—Prehistoric Life’ ini. 
Disertai dengan penelitian ilmuwan modern mulai dari Bagaimana Menentukan Usia Fosil? Bagaimana Memperkirakan Kecepatan dan Makanan Dinosaurus? dan beberapa penelitian lainnya juga diungkap di sini. 
Psst.. Ada pula fakta lucu terkait pemberian nama pada fosil perempuan berusia 3.000.000 tahun yang ditemukan di Amerika pada 1974, yang diberi nama Lucy. Konon itu disebabkan penemunya saat itu sedang mendengarkan lagu ’Lucy in The Sky With Diamond’-nya The Beatles lho! Ada-ada saja ya…


5. WORLD HISTORY (Medieval World)
Jauh sebelum era Renaissance bangsa Eropa mengalami masa kegelapan yang dikenal sebagai bagian dari Abad Pertengahan. Sejak abad ke-4 sampai abad ke-14 M, Abad Pertengahan diwarnai dengan beragam peristiwa besar yang memberi pengaruh pada kehidupan masyarakat Eropa hingga kini.
Jilid ‘World History—Medieval World’ ini dibuka dengan goyahnya Kekaisaran Romawi setelah menguasai Eropa selama hampir 1000 tahun. Salah satu dampaknya adalah berkembangnya agama Kristen, yang sebelumnya mendapat hambatan dari pemerintah Roma. Tak hanya Kristen yang berkembang, Agama Islam bahkan mencapai puncak kejayaan di Eropa pada masa ini. Masyarakat Abad Pertengahan terbagi dalam kelompok-kelompok tertentu, ini menimbulkan kesenjangan yang sangat besar di antara setiap kelompoknya.
Simbol kemegahan Abad Pertengahan, Perkembangan Arsitektur Kastil yang megah, sejarah Charlemagne—Bapak Pendiri Eropa, Kisah Black Prince dan Joan of Arc hingga pertempuran Spanyol-Prancis dalam merebut Selat Channel dibahas dalam buku ini.

6. WORLD HISTORY (Renaissance Era)
Renaissance yang berarti Kelahiran Kembali, adalah rentetan gerakan seni, kesusasteraan dan budaya yang berlangsung dari abad ke-14 sampai abad ke-16 M. Kaum terpelajar berusaha mempelajari kembali teks-teks kuno peninggalan Yunani dan Romawi, terutama kesusasteraan, sejarah, retorika dan filosofi moral. Mereka berharap semua itu dapat meningkatkan lagi kehidupan masyarakat Eropa yang sempat tenggelam pada kegelapan Abad Pertengahan.
Pada jilid ‘World History—Renaissance’ ini dikupas tuntas Masa keemasan Eropa yang terjadi pada abad klasik yang dicapai oleh peradaban Yunani Kuno dan Romawi pada kurun waktu 480-323 SM. Tokoh-tokoh penting di balik sejarah Renaissance, Kelas-kelas dalam Masyarakat Renaissance, Bangkitnya Kerajaan Terkuat Eropa sampai karya arsitektur zaman Renaissance yang terkenal hingga saat ini, dibahas dengan runut dan dijamin membuat kita terkagum-kagum dengan berbagai pencapaian di berbagai bidang pada masa ini. 

7. AROUND THE WORLD (Europe)
Benua Eropa banyak menyimpan bangunan kuno yang bersejarah. Arsitektur kuno di Eropa sungguh mengguncangkan dunia. Menara Eiffel dibangun dengan konstruksi besi tempa disaat dunia sedang mengagumi konstruksi baja. Kuil Parthenon begitu mencengangkan karena memiliki konstruksi yang memiliki kesan simetris. Tower Bridge adalah jembatan bascule yang dibuat dengan arsitektur megah seperti kastil. Masjid Suleiman yang berkubah 28 adalah bangunan megah dan kuat yang memiliki bentuk simetris. Sementara Katedral St. Basil begitu menakjubkan dengan warna-warni menaranya. kastil Hradcany di Praha, Republk Cheska, telah lama dikenal sebagai kastil terbesar di dunia.
Kesemua bangunan kuno yang fenomenal tersebut dibahas dalam jilid ‘Around The World—Europe’ ini. Mulai dari perancangnya, sejarah singkat yang melatarbelakangi pembuatannya, hal-hal unik seputar keberadaannya sampai rahasia bangunannya yang kokoh.

8. SPACE EXPLORATION (Man On The Moon)
Bersinar indah bersama bintang-bintang di langit malam. Bentuknya bulat, separuh bulat dan terkadang sabit. Benda apakah itu? Bulan, tepat sekali! Bulan bukanlah bintang seperti matahari yang memiliki cahaya sendiri. Meskipun demikian, sinar yang dipantulkan bulan terlihat indah sekali. Dalam kebudayaan kuno, bulan dianggap sebagai perwujudan dewa-dewi berkekuatan gaib.
Berbagai penelitian dan misi penting ke Bulan telah dilakukan oleh sejumlah badan antariksa. Jilid ‘Space Exploration—Man On The Moon’ ini merangkum sejumlah penelitian dan misi Bulan di masa lalu yand tertuang dalam bab ‘Mimpi Menuju Bulan’, ‘Usaha-Usaha Mencapai Bulan’, ‘Proyek Bulan Uni Sovyet, ‘Penjelajahan Bulan Amerika’, dan ‘Proyek Bulan Negara Lain’. Perkiraan misi Bulan di masa datang juga dipaparkan dalam bab ‘Dapatkah Manusia Hidup di Bulan?’
Jilid ‘Space Exploration—Man On The Moon’ ini diawali dengan asal nama ‘Bulan’ yang diambil dari bahasa Jawa. Selanjutnya dibahas secara singkat mengenai legenda dan dongeng tentang dewa-dewi penguasa bulan. Pengaruh cahaya bulan atau Lunar Effect juga dijelaskan dalam buku ini. Lalu, apakah Bulan sebetulnya berpenghuni? Bagaimana kisah Luna—si robot pesawat ruang angkasa pertama yang dikirim pleh Uni Sovyet ke Bulan? Semuanya terangkum dalam jilid ini.

9. EVERYDAY LIFE INVENTIONS (Vehicle)
Para penemu besar yang telah berjasa bagi kehidupan manusia ternyata harus melalui masa-masa sulit sebelum akhirnya berhasil. Kini kita mudah bepergian kemanapun berkat adanya kendaraan. Banyak nama yang berjasa di balik penemuan mesin-mesin kendaraan yang mempermudah hidup manusia. Dan kini, penemuan mereka telah berkembang pesat dan semakin canggih. 
Sepeda pertama yang ditemukan pada 1817 ternyata tak memiliki kayuh, lho!
Siapa sangka sepeda motor yang banyak kita lihat saat ini ternyata merupakan evolusi dari sepeda uap yang diperkenalkan oleh Roper dalam pertunjukan sirkus?
Flyer, pesawat terbang pertama yang diciptakan oleh Wright bersaudara terinspirasi oleh impian masa kecil mereka. Wow, impian apa ya?
Semua itu bisa ditemukan dalam jilid ‘Everyday Life Inventions—Vehicle’ ini.

10. EVERYDAY LIFE INVENTIONS (Computer)
Penemuan selalu memunculkan hal baru. Penemuan membuat manusia dapat mengerjakan sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dikerjakan dan membantu pengerjaan sesuatu menjadi lebih efisien. Penemuan computer, telepon dan televisi telah mempengaruhi cara hidup manusia, terutama dalam berkomunikasi dan berbudaya. Penemuan jam bisa membuat manusia makin menghargai ketepatan waktu. Penemuan lemari es dan kloset bisa membuat manusia semakin sadar untuk hidup lebih bersih dan sehat.
Dalam jilid ‘Everyday Life Inventions’ ini dibahas mengenai penemuan Komputer, Telepon, Jam, Lemari Es, Televisi dan Kloset Bilas. Pembahasan dilakukan secra menyeluruh mulai dari siapa tokoh yang menemukannya, bagaimana proses kreatifnya, kapan benda-benda tersebut ditemukan sampai cara kerja mulai dari penemuan pertama hingga model terkini (misalnya saja telepon, bisa dilihat bagaimana perkembangan modelnya sejak telepon berbentuk corong ditemukan oleh Alezander Graham Bell pada 1876 hingga ponsel kamera pertama yang ditemukan pada 2001).

11. GREAT PEOPLE (Great Conquerors)
Dunia memiliki orang-orang besar, yaitu mereka yang berpengaruh pada sejarah peradaban bangsa maupun manusia. Para penakluk dunia seperti Alexander The Great, Hanibal, Julius Caesar, Attila The Hun, Tariq Ibn Ziyad sampai Jengis Khan telah menorehkan catatan penguasaan wilayah yang besar. Selain itu, mereka telah membuktikan kecerdasan strategi penaklukan yang tentu disertai oleh kebijaksanaan dalam memimpin. Dari mereka kita bisa belajar tentang sejarah peradaban dan kepemimpinan.
Fakta bahwa Julius Caesar merupakan figure hidup pertama di mata uang Romawi, setelah sebelumnya hanya dewa-dewa lah yang menghiasi mata uang atau strategi ‘Bumihangus’ ala Jengis Khan yang efektif untuk meruntuhkan semangat tempur prajurit musuhnya merupakan sebagian kecil pembelajaran dari para tokoh dunia itu yang terangkum dalam jilid ‘GREAT PEOPLE—Great Conquerors’ ini.

12. MY HUMAN BODY (Brain and Nerves)

Otak dan saraf merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Saraf merupakan sel-sel yang menerima dan mengirimkan pesan. Sementara otak mengatur dan mengoordinasi sebagian besar aktivitas tubuh, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostatis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggungjawab atas fungsi memori, emosi dan berbagai proses belajar. 
Dalam jilid ‘My Human Body—Brain and Nerves’ ini dibahas mengenai Sel Saraf, si pengirim pesan dalam tubuh yang tampak sederhana namun sesungguhnya memiliki struktur yang rumit. Di otak saja, jumlah sel saraf mencapai 100 miliar! Bagaimana cara kerjanya? Apa saja faktor yang bisa mempengaruhi system kerja sel-sel saraf ini? Dijelaskan lengkap dalam jilid ini.
Tak hanya itu, ada juga kisah mengenai ‘Otak Paling Berbahagia’, “Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan’,  ‘Otak yang Terbelah’ sampai bagaimana ‘Narkoba Merusak Otak’. 

Seperti seri Ensikopedi lainnya yang juga diterbitkan oleh Pustaka Lebah (The Great Prophet Muhammad dan Miracles Of Qur’an misalnya), seri My First Cartoonal Encyclopebee ini juga dikemas dengan gaya kartunal jenaka agar anak-anak bisa menikmati sains dan teknologi dengan keluasan berpikir, berimajinasi dan berkreasi.

My First Cartoonal Encyclopebee juga mengungkapkan sisi-sisi lain dari ilmu pengetahuan, dilengkapi dengan data akurat penjelasan istilah dan kisah-kisah menarik dari sejarah ilmu pengetahuan. Anak bisa belajar banyak tentang kisah-kisah pengetahuan yang menarik dan unik, cara kerja macam-macam mesin, cerita seputar tokoh-tokoh dunia, tempat-tempat dan bangunan bersejarah nan menakjubkan di dunia, seputar tubuh manusia dan banyak lagi.

Anda berminat mengoleksi ‘My First Cartoonal Encyclopebee’ ini?
Silakan hubungi Pritha Khalida melalui:

Email pritha07@yahoo.com / pritha.khalida@gmail.com
Facebook Pritha Khalida
Twitter @PrithaKhalida

1 comment:

Cara Mengatasi WC Mampet said...

sipp gan info nya sangat menarik
dan menambah wawsan terimakasih