Google+ Followers

Wednesday, February 20, 2013

Tips Pintar (Ala Saya) Mengatasi Anak Susah Makan

Kemarin saya baca artikel di sebuah majalah yang memuat survey mengenai 'Pertanyaan apa yang paling menyebalkan bagi orangtua mengenai anak?" 
Jawabannya adalah: Lebih dari 30 % orangtua sebel banget kalau ada yang nanya, "Anaknya kurus banget, susah makan ya?"

Saya senyum-senyum aja baca artikel itu. I was there, Moms! Ya, saya pernah ada dalam 'situasi menyebalkan' itu. Mendapat pertanyaan itu dari orang-orang yang 'seperti-enggak-peduli-pada-perasaan-orang-lain'. Dimana kalau saya lagi enak hati, bakal saya kasih senyum. Sementara kalau lagi bete, suka saya kerasin, "Trus kenapa? Masalah buat lo?"

Serius! 

Padahal kalau dipikir-pikir dengan otak dan perasaan yang jernih, belum tentu juga si penanya punya niat buruk pada kita, ya? Ah maklumlah namanya juga pertanyaan sensitif. Seperti halnya kalau sebagian besar perempuan ditanya, "Umurnya berapa?" atau "Berat badannya berapa?" dan "Gajinya berapa?", pasti bawaannya pengin nimpuk pakai selop yang lagi dipake, hihihi!

Eh kok jadi ngelantur ya? Ayo kita kembali ke 'jalan yang benar'. Kenapa saya sebal dengan pertanyaan tadi? Jawabnya, tentu saja karena pertanyaan itu benar adanya. Anak saya Gaza, susaaaaaaah banget makannya. Dan itu terjadi sejak dia bayi, di usia 6 bulan--saat pertama kalinya MPASI. Gaza menolak apapun yang saya suapi ke mulutnya. Caranya macam-macam, mulai dari 'aksi tutup mulut', 'geleng-geleng kepala' sampai 'nyungsep ke kursi makan atau bantal'.

Good! Itu sukses bikin saya pusing tujuh keliling. Dan akhirnya dengan amat sangat terpaksa pakai jurus 'Maksa'. Jadilah rumah saya seperti tempat penyiksaan bayi. Setiap jam makan pasti Gaza jerit-jerit. Mana jeritannya kencang pula. Tetangga terdekat saya awalnya suka nanya, "Gaza kenapa?" setelah saya kasih tau, mereka pun jadi maklum (entah terpaksa maklum).

Hingga akhirnya Gaza ketemu dengan Mamam (ibu saya). Mamam inilah yang jadi 'dewi penyelamat' untuk cucu pertamanya. Dengan kesabaran ekstra Mamam membujuk Gaza untuk makan. Dan senjata Mamam ternyata bukan cuma sabar, tapi juga resep-resep makanan superlezat yang variatif. Saya aja yang bukan bayi suka lho nyicipnya! 

Baiklah saya catat tips pintar pemberian makan ala Mamam:
1. Masakan superlezat yang dibikin dengan penuh doa dan cinta
2. Disuapi dengan kelembutan dan kesabaran
3. Selingi dengan cerita-cerita seru (jangan pernah beranggapan bayi nggak ngerti!)
4. Habis 1 porsi full

That's my Mom!

"Makan itu harus happy, ga boleh dipaksa, nanti malah trauma." gitu nasehat ibu saya. Memang sih, secara teori dari buku, majalah atau website kesehatan, rata-rata sarannya seperti itu. Tapi saat itu, bagi saya--si ibu baru, prakteknya tetap saja ngak semudah membalikkan gajah, eh telapak tangan. 

Maka sepulang dari rumah Mamam, saya segera meng-copy paste trik yang beliau ajarkan. Lumayan berhasil. Meski tidak sebanyak yang biasa terlihat di iklan-iklan bubur susu, tapi setidaknya Gaza mau makan tanpa harus dipaksa. Itu saja sudah bagus banget.

Rasanya baru 1-2 bulan saya mempraktekkan ajaran Mamam, eh memasuki usia setahun Gaza kembali susah makan. Kali ini pakai acara lepeh. Saya pun kembali cenat-cenut. Kenapa lagi, nih?

Jawaban segera didapat, ternyata problem tumbuh gigi. Aduuuh! Masalahnya nih ya, Gaza itu susah banget gemuk, kecuali porsi makannya cukup. Balik lagi susah makan, artinya membuat Gaza diet dengan cepat. Dan disaat bobotnya susut akibat tumbuh gigi, beberapa komentar pun berdatangan,

"Cacingan kali!"
"Cek darah deh, TBC kali! Biasanya anak TBC itu kurus dan gak mau makan!"
"Cekok aja pake jamu!"

dan lain-lain yang bukannya menyelesaikan masalah tapi bikin situasi makin rumit dan menegangkan.

Saya pun kembali ke Mamam. Beliau bilang, "Blender aja makanannya kayak waktu bayi."
"Tapi kata artikel nanti kebiasaan? jawab saya.
"Nurut amat sama artikel. Daripada anaknya nggak makan?"

Bener juga ya? Dan saya kembali menuruti saran Mamam. Gaza makan dalam porsi normal lagi. Meski selanjutnya saya terpaksa harus membenarkan apa yang ditulis dalam artikel: Gaza ketagihan dengan makanan halus, padahal sebelumnya sudah saya kasih nasi lembek dan sayur yang dipotong-potong kecil. Ini terjadi sampai usianya menjelang dua tahun. Dimana saya harus repot-repot memblender makanannya setiap kami akan bepergian. Boro-boro kayak anak teman-teman yang udah bisa diajak makan di restoran. 

Suami saya bilang, "Hikmahnya, makanan dia terjamin, gak pakai pengawet ataupun penyedap."

Tapi saya nggak menyerah gitu aja. Saya tetap cari info mengenai menambah nafsu makan pada anak. Berbagai tips saya jalankan mulai dari memberi jamu (tidak mempan), susu kambing (lumayan mempan), dan kasih minyak ikan (ini ampuh! Meski awalnya saya sempat pesimis mengenai baunya yang amis)

SevenSeas yang terbuat dari Cod Liver Oil ini ampuh banget untuk menumbuhkan nafsu makan pada anak. Baunya juga nggak amis. Emulsion yang diperkaya dengan vitamin A, D, E, C, B6 dan DHA ini juga memberi nutrisi yang baik untuk otak anak, terutama di usia balita yang sering disebut sebaga 'Golden Age'.

Sekarang di usianya yang menginjak 3 tahun 2 bulan, alhamdulillah Gaza sudah tidak terlalu bermasalah dengan makan. Gaza sudah bisa makan dengan baik (meski kadang lama kalau dia tak suka menunya). Tapi tentu saja sebagai orangtua, kita nggak boleh hanya memberinya makanan favorit anak saja, bukan? Kalau gitu, masa iya setiap hari Gaza makan hanya pakai tahu, udang krispi dan sayur oyong (karena itu makanan favorit anak saya).

Perjuangan saya membuahkan hasil. Gaza sekarang tidak lagi menolak makanan. Kalaupun dia betul-betul nggak suka dengan masakan saya, setidaknya dia tetap makan meski hanya beberapa suap, selanjutnya dia tak menolak jika saya tawari makanan lain seperti roti, mi atau biskuit. Intinya sih sekarang saya sudah tak terlalu khawatir dengan asupan gizinya.

Masalah kurus?
Nah ini dia yang saya heran. Setelah nafsu makannya membaik, ternyata badan Gaza nggak juga menggemuk. Salah di mananya lagi? Hingga seorang DSA senior mengatakan pada saya mengenai dua kemungkinan, faktor genetik dan kelincahan anak.

"Kalau anaknya aktif bergerak, dia tidak akan menimbun lemak. Yang penting kebutuhan gizinya terpenuhi baik secara kualitas maupun kuantitas."

Dokter itu benar, Gaza adalah tipe 'kinestetik' yang aktif bergerak kesana-kemari. Dan satu lagi, secara genetik kemungkinan dia menurun dari ayahnya. Suami saya kan 'curang', mau makan sebanyak apapun badannya tetap nggak bakalan gemuk. Beda dengan saya yang makan sedikit juga cepat melebar.

Saya pun jadi lebih tenang. Apalagi didukung oleh tumbuh kembang Gaza yang relatif baik, kecerdasannya yang menonjol di beberapa bidang serta daya tangkapnya yang luar biasa. 

Melengkapi apa yang pernah dilakukan oleh Mamam, sekarang saya juga punya tips pintar sendiri dalam mengatasi anak yang susah makan (setidaknya ini berlaku untuk anak saya): 

Pertama, ciptakan suasana menjelang makan dan makan yang sangat menyenangkan. Jika anak Anda senang bereksperimen seperti Gaza, maka ajaklah ia berpartisipasi dalam proses memasak. Saya sih suka memberi Gaza sayuran mentah untuk ia bantu siangi/potong. Hasilnya tentu jauh dari rapi, tapi puji saja dia untuk kerajinannya. Ini akan menumbuhkan kepercayaan diri bahwa dia mampu membantu pekerjaan orang dewasa. Lalu selanjutnya katakan saja, "Hayo, kan tadi ini kamu yang masak, masa sekarang nggak mau makan?"

Seringkali saya bahkan membawanya ikut serta belanja di tukang sayur atau ke supermarket dan membiarkannya memilih mau makan apa. Dia senang sekali memilih sayur, ayam, ikan dan lainnya. 

Kedua, jika anak Anda merupakan 'picky eater', jika hanya untuk 1-2 jenis makanan, biarkan saja. Anda juga tidak menyukai semua makanan, kan? Jadi maklumi saja. Lain halnya jika ia tidak menyukai semua jenis sayur misalnya. Anda bisa menceritakan padanya mengenai kandungan gizi dan manfaat makanan tersebut. Putera saya sekarang sudah hafal mengenai manfaat beberapa sayuran. Contohnya saja wortel. Awalnya dia nggak suka makan wortel. Tapi setelah saya bilang bahwa wortel itu bisa mempertajam penglihatan kita, dan memberinya bukti bahwa kelinci--si pemakan wortel bisa melompat jauh tanpa takut menabrak sesuatu, ia jadi suka. 

Ketiga, jangan terlalu terpaku pada urusan makan. Coba perhatikan aspek tumbuh kembang lainnya. Biarkan ia bermain dengan teman-temannya atau mencoba berbagai permainan untuk menstimulasi otaknya. Berikan pula asupan kasih sayang dan perhatian yang cukup padanya. Selain meningkatkan bonding antara orangtua dan anak, ini juga akan menumbuhkan rasa cinta dan bahagia pada diri anak. Biasanya anak yang bahagia akan bisa melakukan apa saja dengan penuh sukacita, termasuk makan!

Sekarang kalau ada lagi yang nanya, "Kok anaknya kurus? Susah makan ya?"
Saya bisa dengan enteng menjawab, "Enggak, dia makan cukup, kok. Dan yang penting dia cerdas dan aktif."

Tidak mudah memang menghadapi anak yang susah makan. Diperlukan kreatifitas terus-menerus dan kesabaran yang luar biasa. Saya sudah mengalami, menjalani dan mempraktekkan banyak tips pintar yang luar biasa hingga akhirnya bisa sampai pada kondisi ini. Kalau saya bisa, Anda juga pasti bisa :)

Gaza yang lincah, cerdas dan sehat membuat saya tak lagi risau



Tulisan ini diikutsertakan dalam "Kontes Blog Mom And Baby's Diary--SevenSeas" periode 5: Cara Mengatasi Anak Susah Makan

42 comments:

Anonymous said...

Tx mba Prita...tulisannya inspiratif scra qt senasib dr 6bln ampe skrg 7,2minggu teteup susaaaaaah mkn pakai aksi tutup mulut rapat2 hiks....

Tino Hariyadi said...

wah,anak saya jg susah makan jeng.
apa cb diksh sevenseas yah?

Tino Hariyadi said...

wah,anak saya jg susah makan jeng.
apa cb diksh sevenseas yah?

Tino Hariyadi said...

wah,anak saya jg susah makan jeng.
apa cb diksh sevenseas yah?

Giselle.Olshop said...

sama bgt anak sy jg susah mkn biasanya mesti di ajak main dl....

mampir jg yak ke www.momsandlovelykids.blogspot.com

Yunita said...

Halo mba Pritha. Salam kenal. Saya lega menemukan tulisan mba yg kurang lebih menjelaskan situasi yg sama seperti yg saya alami sekarang ini. Kalau boleh...saya pengen curcol sedikit ke mba tentang situasi yg saya hadapi sekarang. Anak saya sekarang berusia 8 bulan 20 hari. Di awal2 saya memperkenalkan MPASI, saya senang sekali karena dia makan dengan lahap banget (saat itu saya memberikan biskuit Milna yg saya encerkan dengan air). Di hari2 berikutnya, saya memperkenalkan bubur bayi instan merk Cerelac dengan berbagai variasi rasa. Dimulai dr rasa bubur putih, tim ayam & sayur, dll. Tapi kegembiraan saya menurun sejak si kecil memasuki usia 7 bulan lebih (saya ga inget persisnya). Dia ga lg lahap di waktu2 makan. Saya harus menggunakan berbagai cara untuk membujuk si kecil makan. Mulai dr memindahkan sesi makan ke teras (saya berpikir...mgkn dengan perubahan suasana dia bisa makan lebih lahap), menyetel lagu anak2 di ipad, tandem nyuapin si kecil dengan mertua saya, dll. Sejak dia masuk usia 8 bulan...saya memutuskan untuk memperkenalkan MPASI yg proper (maksudnya bukan lg bubur instant) supaya si kecil mendapat asupan gizi yg baik. Contohnya: saya perkenalkan dia dengan gasol & bubur saring yg dimasak dengan kaldu ayam + wortel. Saya jg berharap si kecil kembali lahap makannya dengan diperkenalkannya makanan baru dengan tekstur & rasa2 yg bervariasi. Tapi sepertinya aksi susah makan si kecil tetap berlanjut sampai sekarang. Bahkan ada bbrp kali dia menolak makan sama sekali. Untungnya dia masih semangat minum ASI nya...lalu jg masih mau kalau saya sodori biskuit bayi. Terakhir pas kontrol ke dsa nya di awal bulan untuk vaksin...dsa nya bilang bahwa gigi bawahnya menunjukkan tanda2 mau tumbuh. Saya & mertua mengira-ngira...apakah ini yg jadi penyebab si kecil susah mkn? Mgkn mba punya pengalaman yg sama? Hal lain yg membuat saya sedih...berat badan si kecil ga naik dr bulan sblm nya...mgkn gara2 dia susah makan itu. Kalau mba tidak keberatan...mgkn bisa sharing beberapa resep dr Mamam ke saya? Bukannya saya ga percaya dengan resep dr mertua (btw..ortu saya tinggal di kota lain). Tapi sekarang ini saya terbuka utk mencoba berbagai resep utk masukan. Saya desperate sekali untuk mencoba resep dr mba / pun dr Mamam dengan harapan bs mengembalikan selera mkn si kecil seperti di awal2 dia mengenal MPASI & saya mau supaya sesi makan menjadi pengalaman yg menyenangkan untuk dia & kami sekeluarga ** seperti kata Mamam di atas :) ** Sori ya mba klo curcol saya jd panjang. Saya sampai ga bisa tdr memikirkan hal ini...sampai2 saya googling & nemu blog mba ini :) Thanks jg uda bersedia baca curcol'an saya ini. Saya tunggu respon nya ya mba (saya bisa dikontek di h_yunita@hotmail.com)

meris said...

Tks Mba Prita atas tips pintarnya, saya juga pernah bete banget+sensitif saat temen yg ga begitu deket niatnya mau lebih deket sama sy dengan comment di BB saya setelah melihat foto PP anak sy dgn comment: anak mu kecil ya, trus ku jawab yg penting sehat, dibales lagi “imut-imut berat brp? Ga suka makan ya? Hahhaaaa.. Langsung deh aku cermahin ga perlu comment yg ga penting :P ternyata harus sabar ya apalagi suamiku juga bilang anak kita kurus, padahal doi khan kerja ga tau susahnya kita muter otak gimana caranya spy makan, anakku suka nasi putih doang atau pakai telur, daging ga mau tp tks God nyokap bilang gpp nanti ada waktunya mau makan apa aja :) .

Veriana Limantoro said...

Halo salam kenal semuanya.. kira2 untuk mendapatkan seven seas dimana yah? Aku punya balita 2th 2bln susa sekali untuk makan, berat badannya hanya 10kg.. sampai frustasi aku.. terimakasih yah atas info nua..

Veriana Limantoro said...

Halo salam kenal semuanya.. kira2 untuk mendapatkan seven seas dimana yah? Aku punya balita 2th 2bln susa sekali untuk makan, berat badannya hanya 10kg.. sampai frustasi aku.. terimakasih yah atas info nua..

iftika philo wardani said...

Saya punya pengalaman beda...anak ke 1, mas awal mpasi lahap makan sampe usia 1,5th mlai susah...akhirnya setiap maem harus sesi jalan2 atau gendong2 dg cerita...capekkk bgt tp alhamdulillah berhasil..skr usia 3,5 thn makan sudah teratur, sayur mau,buah suka...tp jangan tanya soal bb..ampunn...tinggi 91cm bb cm 13kg...betul..13kg...usut punya usut selain krn anak aktif ternyata krn ada penyakit jantung bawaan...lain sm anak ke2...he was so picky eater...umur 1,5 th g mau nyentuh nasi samsek..udah sesi jln2, gendong2, naik odong...teteup say no to nasi...ternyata ini lebih melelahkan dr si kakak...msh muter otak gmn cara ngatasi ini

Septyan Ramadani said...

anak saya umur 8 bulan juga lagi susah makan. Waktu awal-awal pemberian MPASI makannya lahap, tapi masuk bulan ke 8, dia mulai susah makan. Klo disuapin makanannya cuma dikulum dalam mulut, ditelannya lama banget. Sampai bingung jadinya, padahal menunya sudah diganti-ganti sampai-sampai resep-resep MPASI hasil googling sudah dicoba semua tapi tetap belum berhasil. Kata suami saya-nya yang kurang sabar waktu nyuapin. Wah...bingung dan pusing jadinya

Anonymous said...

Buat para mamas..jika ada FB..bs ikutan join di grup Homemade Healthy Baby Food.. Banyak resep2 yahud yg sering saya coba..&berhasil..alhamdulillaah..

-Itha ummu labibah-

Anonymous said...

Mb pritha, kl boleh sy minta share resep lezat mb pritha/mamas. Anak sy umur 11bln, susaaahhh bgt makan, berbagai jurus sdh dkeluarkan blm berhasil jg.

Rina mama sabqie

vitamin penambah nafsu makan said...

minyak ikan memang bagus untuk menambah nafsu makan anak

dia arryani s said...

hmmm.... senasib seperjuangan nih mbak. anakku juga gitu. makannya susah minta ampun. tp setelah masuk sekolah dasar, apapun dilahap. mungkin karena capek 'berjuang' dikelas, ya. plus aktifitas berlimpah pula, terutama futsal. anak yg kedua juga gitu, umur 3-5 thn gak mau makan nasi. kalo gak roti ya mie atau spaget n schootel. tp setelah masuk sekolah dasar, makan mau walau milih. maunya aneka sup, balado telur or tuna, bening bayam yg wajib pake temu kunci, ayam n lele goreng. tapi alhamdulillah sih, udah mau makan. dua-duanya jangkung tp kurus. kata dokter krn aktif dan banyak kegiatan. gpp, asal sehat ya..

dian arryani s said...

hmmm.... senasib seperjuangan nih mbak. anakku juga gitu. makannya susah minta ampun. tp setelah masuk sekolah dasar, apapun dilahap. mungkin karena capek 'berjuang' dikelas, ya. plus aktifitas berlimpah pula, terutama futsal. anak yg kedua juga gitu, umur 3-5 thn gak mau makan nasi. kalo gak roti ya mie atau spaget n schootel. tp setelah masuk sekolah dasar, makan mau walau milih. maunya aneka sup, balado telur or tuna, bening bayam yg wajib pake temu kunci, ayam n lele goreng. tapi alhamdulillah sih, udah mau makan. dua-duanya jangkung tp kurus. kata dokter krn aktif dan banyak kegiatan. gpp, asal sehat ya..

nisa said...

assalamualaikum mb pritha
tulisannya bagus sekali, anak saya juga susah makan dikasih pegang makanan ga mau tapi kalau benda yg lain langsung masuk mulut. seandainya ga keberatan boleh donk resep maknyus mamah dibagi kekita :)
terima kasih

giegieshop said...

Anak q juga susah makan ni mba.. usia 6 bulan BB nya 6kg. Vitamin penambah nafsu makannya apa boleh buat usia 6 bulan.

Anonymous said...

numpang tanya

anak saya cewe 1thn7bln
dia susah makan juga,,,

kadang dikasi makanan di blender menolak tpi dikasi nasi keras mau
bgtu sebaliknya tpi kadang2

ane da coba kasi supplemen sco** orange tpi sptnya ga terlalu ngefek

saran donk bun

Hens Irawan said...

Situasi yg sama mbak. Anak tipe kinestetik yg hobi bergerak sana sini dan genetis kurus dr ortu jg.
Selalu bikin panik klo kumat gtm nya.

Cuit..Cuit..Cuit... said...

Mba prita kl boleh minta resep mamsm nya...anak saya lg susah bgt mkn..mksih...

Cuit..Cuit..Cuit... said...

Mba prita kl boleh minta resep mamsm nya...anak saya lg susah bgt mkn..mksih...

Cuit..Cuit..Cuit... said...

Mba prita kl boleh minta resep mamsm nya...anak saya lg susah bgt mkn..mksih...

Anonymous said...

Saya jg punya kasus yg sama mom. Anak sy skrng usia 9bln Susah bgt makannya. GTM nya awet�� padahal awal mpasi di usia 6bln makannya lahap sekali, mulai dr pure buah Dan tepung gasol dia doyan. Pas usia 8bln lebih dy g mau mkan apapun. Berbagai macam Tim sy buatkan dan bbur instant sy belikan ttep g mau makan��
Tlong mom info vitamin penambah nafsu makan buat baby usia dibwah 1thun

teguhiw said...

memang kalau anak susah makan bikin kesel.. trims atas trik dan tips nya untuk membuat anak mau makan..

Rika Atika said...

SALAM...
terima kasih mba telah menuliskan pengalamannya di artikel ini karena sangat memberi pencerahan...enlighting banget!!!
bagi saya ibu baru yang lagi puyeng dengan msalah makan anak.
kebetulan anak saya usia 15 bulan dan sudah seminggu ini susah makan. dia seperti tertarik mau coba apa yang kita makan tapi pas lagi masuk mulutnya coba kunyah bentar eh langsung di lepeh. hiks...adegan itu terjadi setiap kali makan. sangat membuka pikiran saya dengan artikel ini. trima kasih banyak mba, sangat bermanfaat...:)

putri rispiningtati said...

Bermanfaat banget...... aku mengalami hal yang sma.

Meyti Ridirta said...

sama bgt,, anakku mood2an klo makan. kadang sbulan makannya gampang, mendadak seminggu GTM, mendadak lg makan ngemut, trus lepeh2.
anaknya super aktif, 2thn bb cuma 10kg. klo lg GTM, bisa susut BB nya. mpe stress bgt. kadang ngerasa iri bgt klo liat anak2 lain yg seumuran anakku makannya lahap dan badannya berisi..

Anonymous said...

Hai bunda...baby girl sy "Meisya" jg susah bgt maemx...skrg usiax 13 blan.. dri MPASI smpe skrg g doyan maeeem...dilepeeeh dll..pdhl udh gonta ganti menu..browsing sana sini...pas umur 8 bln smpt k.dr spesialis anak..krn tiba2 muntah...trs pas ditimbang dokternya blg BBnya kurang..tp bkn brrti kekurangan gizi...trs diresepi apiyalis drop...aku cmn ngasi 4 kalian "g rutin ngasinya" pdhl pas abis mnm apiyalis lymyan mau walopun g bnyak2 bgt maemx...trs aku stop deh krn kykx g ngaruh bnyak..nah skrg usiax 13 bln aku coba rajin kasi apiyalis lg dan alhmdllh maemnya lumayan doyan skrg...dan bener bunda maemx hrs dg situasi yg menyenangkan smbil liat kelincii atau pas si baby lg asik main lgsg deh disuapin...smoga baby kita smua sehat trs ya bundaa...krn sehat adalah yg terpenting.... salam kenal bunda semuaa..

pesan snack box said...

info bagus nih , kebetulan si kecil dah mulai susah makannya. izin bookmark n share dech

Agen Poker Online said...

Terima Kasih atas informasi yang anda berikan, sangat bermanfaat dan bagus

Agen Poker Online
Poker uang Asli
Agen Poker
Agen Poker Terbaik
Poker Online

helly kurniawan said...

Bagus bgt artikelnya mbak.saya coba deh triknya ini.semoga berhasil.

helly kurniawan said...

Bagus bgt artikelnya mbak.saya coba deh triknya ini.semoga berhasil.

Mariam Rahmatiah said...

Assalamualaikum mbaaak..
Ya Allah saya bruu saja menyakiti anak saya dengan cara memaksa ia mkan hingga nangis dan akhrnya muntah..saya kecewa sama diri sy..knapa ga bisa sesabar neneknya Gaza..tulisannya relieving mbak..mkasih ya..

Mariam Rahmatiah said...

Assalamualaikum mbaaak..
Ya Allah saya bruu saja menyakiti anak saya dengan cara memaksa ia mkan hingga nangis dan akhrnya muntah..saya kecewa sama diri sy..knapa ga bisa sesabar neneknya Gaza..tulisannya relieving mbak..mkasih ya..

Rani said...

jual obat gatal | jual obat de nature | jual obat | gang jie | gho siah | pipeca | bersih darah de nature | jual obat wasir | jual obat de nature | jual obat herbal | ratu rapet | jual obat wasir | gang jie gho siah | jual obat | gang jie | jual obat kutil kelamin | jual obat kutil | harga obat kutil | salep kutil | cream kutil kelamin | jual obat kutil | perontok kutil

Nia Daniati said...

wah keren nih, bisa dipake ntar pas aku punya anak hehe

Reza Al Mukrom said...

kebetulan lagi cari informasi soal ini, tipsnya cukup menarik buat saya coba hehe

Mika Simatupang said...

emang bener tuh mba repot banget ngurusin anak kalo lagi susah makan, nanti saya coba caranya ala mba :)

walidin din said...

Kalau anak ga mau makan, jangan dikasih makan, biarin nangis kelaparan, sampai ia benar-benar kelaparan, setelah itu baru kasih makan pasti lahap. :)

Jadi ga usah pusing ngadepin anak susah makan.
Tips sederhana dan murah ga perlu dokter hehhe:)

Agen DominoQQ said...

makasih infonya min...

Bola
Agen Bola Terpercaya
Daftar Judi Bola Maxbet
Bandar Bola IBCBET
Daftar Bola BCA
Prediksi Togel
Togel
Totobet Singapura
Totobet Hongkong
texas holdem poker
Poker Online Indonesia
Agen Poker Terpercaya
Domino QQ Online

Agen Jamkho Jogja said...

terima kasih infonya.