Google+ Followers

Saturday, January 18, 2014

KEB: Kumpulan Emak Blogger Nan Keren


Apa yang terbayang di benak kalian kalau mendengar kata Emak Blogger? Kalo saya sih jelas, emak-emak yang suka nge-blog, entah itu nulis cerita sehari-hari, fiksi, mamerin foto masakan, travelling, kasih tips dan lain-lain. Pokoknya nulis di blog, deh! Emak-emak ngeblog? Pada nggak ada kerjaan apa? Bukannya emak-emak itu sibuk ya sama urusan rumahtangga, kantor, bisnis? Masih sempat gitu ngeblog? Kalau ada yang nanya gitu, Anda sebaiknya mengenal KEB--Kumpulan Emak-Emak Blogger.

Saya pertama tahu KEB itu setahun yang lalu. Waktu itu kalo nggak salah lagi banyak temen-temen yang heboh posting bahwa mereka masuk 50 besar Srikandi Blogger, terus mengerucut 20 (apa 25)? Terus sampai akhirnya ada 10 finalis Srikandi Blogger. Dan sumpah itu heboh banget menuhin news feed Facebook saya. Dari yang tadinya nggak ngeh, saya akhirnya penasaran juga. Apaan sih Srikandi Blogger itu? *kemana aja lo, Prith?*

Srikandi Blogger--Bikin Penasaran sama KEB

Langkah pertama saya saat itu menelusuri grup FB KEB, grup yang statusnya banyak di-share terkait Srikandi Blogger itu. Terus saya juga main ke blog KEB. Tapi nggak ninggalin komen. Mampir aja, baca-baca. Untuk referensi, apakah komunitas ini bisa jadi tempat yang oke buat gabung? Satu dua tulisan di blog KEB saya baca. Eh ternyata...Keren! Dan saya pun memutuskan untuk gabung.

Pas pertama gabung di grup FB KEB, saya nggak melakukan perkenalan, padahal waktu itu disuruh sama Mak Sumarti Saelan. Kenapa nggak? Pasalnya waktu itu saya lagi vakum ngeblog. Meski punya 2 blog, tapi keduanya saya telantarkan kaya anak ilang gitu. Paling sesekali diisi kalo ada lomba blog. Jadi ya saya malu dong kalo kenalan trus ngasih alamat blog saya, trus teman-teman di grup berkunjung dan nanya, "Kamu mau ngeblog apa mau jadi bintang iklan sih sebenernya? Kok isi blognya promo produk melulu?" --> Jawab: Ya jadi bintang iklan kalo bisa sih, apa daya sampe saat ini sanggupnya cuma jadi peserta lomba blog :D
Ya, jujur aja itulah satu-satunya alasan kenapa saya nggak melakukan perkenalan pas join grup KEB dulu.

Tapi meskipun nggak melakukan perkenalan, saya jadi 'silent reader'. Kalo ada yang posting, saya suka blogwalking nengok blog-nya. Kalo ada yang perkenalan, saya juga blogwalking. Tapi nggak aktif meski sekedar ikut komen. Alasannya ya itu tadi, saya sebetulnya lagi nggak ada ide buat ngeblog. Isi blog saya cuma ikut-ikut lomba (yang rata-rata testimoni produk) dan itupun jarang. Kenapa saya nggak pernah ngeblog selain ikut lomba? Soalnya jujur aja saya belum dapet ide mau nulis apa di blog dan gimana caranya menampilkan diri saya apa adanya? Yup, setelah vakum bertahun-tahun dari blog. Dimana dulu saya kalo ngeblog itu nulisnya blak-blakan dengan bahasa lo-gue, masa iya sekarang masih tetap gitu?

KEB Di mataku? Satu kata: Inspiratif

Dan KEB sangat menginspirasi saya untuk hal yang satu ini. Dengan jadi silent reader dan diam-diam blogwalking, saya jadi emak yang pinter. Pinter untuk urusan cerita tentang kegiatan keren yang pada umumnya dilakukan emak-emak dan gimana cara menceritakannya supaya bisa asyik dibaca sama orang lain. 

Jadi, saya pun diam-diam nulis lagi. Belajar nulis tentang kehidupan emak-emak melalui audisi antologi, nulis status FB atau nge-twitt, dengan gaya 'KEB yang disesuaikan', ya maksudnya disesuaikan sama gaya saya gitu, gak rapi-rapi amat seperti biasanya, hihihi...

Nah terus balik lagi ke Srikandi Blogger yang tadi bikin saya tertarik join KEB. Dari situ saya kan jadi update tuh sama info KEB. Eh ternyata ya acara Srikandi Blogger yang demikian heboh itu diadakan saat KEB baru berumur 1 tahun! Saya makin kagum sama grup yang satu ini. Baru setahun, kalo diibaratkan anak-anak sih baru bayi belajar jalan ya. Tapi ini udah bisa ngadain acara yang supercool dengan hadiah yang nggak kalah keren. Bisa dipastikan sodara-sodara, bahwa ada tangan-tangan hebat yang sibuk bekerja keras di belakang layar. Makin sreg lah saya bergabung dengan KEB. Bukankah untuk menjadi orang hebat kita harus bergaul dengan orang hebat? Seperti kata pepatah, kalau berteman dengan pedagang minyak wangi maka akan ikut wangi (eh gitu bukan sih pepatahnya? :D)

Sampai saat ini, mungkin hampir setahun saya bergabung dengan KEB, hingga akhirnya saya memutuskan untuk pede ngeblog lagi, juga karena suka baca blog para member KEB yang disebut emak itu. Panggilan yang dulu sempat bikin saya mengernyitkan kening, kenapa harus Emak? Apa kek Mommy atau Sist gitu... (eh itu mah panggilan di olshop ya?) Dan ternyata simpel aja, karena Emak itu panggilan yang Indonesia banget. Dan itu nggak terbatas untuk yang udah menikah dan punya anak aja, yang masih lajang juga bisa gabung kok. Bukan begitu, Mak?

Dan kini di ulangtahun KEB yang kedua, saya alhamdulillah sudah bisa ikut meramaikan dengan menulis tentang grup yang satu ini. Masih sangat dangkal. Sebagai silent reader, belum terlalu banyak yang saya tahu tentang KEB. Tapi satu yang saya tahu pasti, bahwa sesuai dengan motto-nya, KEB akan selalu ada untuk berbagi. Untuk para emak berbagi cerita dan kisah serta saling menyemangati dan menginspirasi satu sama lain.

Bangga menjadi bagian dari KEB.

Selamat ulangtahun KEB yang ke-2
Semoga berkembang semakin besar dan menginspirasi semua perempuan.

Semoga Srikandi Blogger diadakan lagi tahun depan. Saya mau ikutaaaaan, hihihihi....


18 comments:

Blogs Of Hariyanto said...

selamat hari lahir untuk Kumpulan Emak Blogger..semoga emak-emak yang tergabung di dalamnya semakin memperoleh kesuksesan di dunia maya dan dunia nyata.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Murtiyarini, Arin said...

Ya Alloh Mak...itu komentar soal lomba blog pedes banget...*speechless

Pritha Khalida said...

Mas Hariyanto: Aminn... makasih Mas :)

Mba Arin: eh bukan komentarin orang lho ya,buatku sendiri aja. Setiap orang pasti punya tolok ukur yang beda urusan nulis dan hal lainnya. Tapi memang sejujurnya itu alasanku dulu nggak mau muncul di FP KEB.

Murtiyarini, Arin said...

Iya mak, jujur banget. Tapi selama di KEB belum ada yg komentar seperti itu. Malah di KEB yang ikut lomba dihargai.

Nchie Hanie said...

hihihi..setiap emak punya passion blog masing2..
ada yang ngiklan terus, puisi terus, curhat terus, namanya juga blog pribadi terserah..
pokonya tetep ngeblog deh Mak

salam knal :D
HBD buat KEB moga makin menginspirasi

Pritha Khalida said...

Mba Arin: Wah bagus dong kalo gitu, Mba. Emang kuncinya itu saling menghargai. Seperti keinginan aku buat menghargai temen-temen dan pembaca setia blogku dari awal mula ngeblog dulu yang minta untuk nulis cerita-cerita kaya dulu lagi, nggak melulu postingan lomba. Jadi ya kucoba untuk seimbang aja :)

Pritha Khalida said...

Mak Hanie: terimakasih udah mampir, salam kenal.. Iya yang penting ngeblooog. Hidup blogger

annisarangkuti said...

suka bgt sama gaya ngobrolnya Mak Pritha..biarpun panjang tapi enak aja gitu bacanya..hehe.. *yaiyalah, Nis..udah nulis buku iniii..* :-D

saya ga ada posting, Mak..maklum, baru seumur jagung, belum ada setengah tahun & masih jarang interaksi. jd belum ada cerita yg menggiurkan utk dibagi..hehe..

tp sama ama saya, Mak..tertarik pengen tau KEB dari ajang Srikandi Blogger itu..kok kayaknya seru ya? :-)

Pritha Khalida said...

Mak Annisa: Ayoo nulis yang banyak, trus jadiin buku... Smangaat

HarmoniKeluargaGifrie said...

Wewww mak pritha ternyata penulis buku. Senengnya bisa kenal. Keep in spirit for writing mak

Pritha Khalida said...

Keluarga Gifrie: ya baru dikit, mak. Amiin semoga tetap terjaga semangatnya :) Salam kenal yaa

tatamor said...

kayaknya keren tuh blog emak blogger

resep umiku said...

Mbak caranya agar bisa konsisten nulis bagaimana ya, saya butuh motivasi ni : ) hehehe

Kabar Ibu said...

Sukses selalu untuk KEB. Semoga makin banyak membernya..

Berkece.com said...

KEB memang maknyus dan cakep2 membernya. :D

Dj House Music said...

I love your website, I would appreciate it for a good read this...!!!
Do not forget a visit back to my website: www.exotismabes.com

fitri said...

Emang harus konsisten kalo lagi nge blog :D

Rina Widianti said...

KEB sama Emak-emak blogger sama ga sih?